Kamis, 12 April 2012

PROPOSAL KEGIATAN HARI ULANG TAHUN PRAMUKA

GERAKAN PRAMUKA
KABUPATEN GARUT 
PANGKALAN SMAN 21 GARUT

SEKRETARIAT : Jl. Panorama No. 21 Desa Sukamulya Kec. Talegong - Garut 44167




P R O P O S A L
KEGIATAN HARI ULANG TAHUN PRAMUKA

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

        Gerakan Pramuka adalah sebagai wadah pembinaan generasi muda yang senantiasa mengembangkan pendidikan dan pembinaan watak serta keterampilan dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar, metodik kepramukaan, guna menciptakan kader-kader pembangunan bangsa yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan dilandasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) serta Keperibadian Pancasila.
        Untuk menindak-lanjuti hal tersebut, Gerakan Pramuka memandang perlu mengadakan pembinaan sejak dini diantaranya melalui kegiatan tersebut akan terbentuk jiwa-jiwa pembangunan yang patriotic yang memiliki kwalitas sehingga dapat mensejajarkan diri dengan perkembangan zaman.

B.    DASAR PELAKSANAAN
a.   AD dan ART Gerakan Pramuka.
b.   Keputusan Presiden RI Nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
c.   Rencana Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten Garut tahun 2008.
d.   Hasil Rapat pembentukan Panitia Perkemahan pada Tanggal 19 Juli 2008 di SDN Sukamulya 03, Tanggal 23 Juli 2008 di SDN Sukamulya 03 (Rapat Pertama) serta Tanggal 01 Agustus 2008 di SDN Sukamulya 03 (Rapat Kedua)

C.  MAKSUD DAN TUJUAN
a.   Untuk meningkatkan mutu Gerakan Pramuka dalam rangka revilitasi Pramuka.
b.   Untuk memotipasi Pembina di setiap Gugus Depan (GUDEP).
c.   Mengamalkan nilai-nilai luhur perjuangan yang berdasarkan Pancasila dan UUD’45.
d.  Meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.
e.   Realisasi program kegiatan Gerakan Pramuka tingkat Kwartir Ranting.

D.    PERSYARATAN PESERTA
a.       Regu yang dikirim adalah regu terbaik hasil seleksi disetiap Gugus Depan masing-masing.
b.       Setiap regu berjumlah 10 (sepuluh) orang / peserta.
c.        Setiap pangkalan mengirimkan maksimal 2 (dua) regu Pa/Pi.
d.       Memiliki SKU dan TKU yang berlaku.
e.        Sehat jasmani dan rohani.
f.        Mendapat izin dari orang tua dan disetujui oleh Mabigusnya.
g.        Mematuhi Dasa Dharma dan Tata tertib perkemahan.
h.       Setiap regu wajib didampingi Bindamping 1 (satu) Orang.
i.         Membawa Perlengkapan :
1.       Pakaian Pramuka Lengkap.
2.       Membawa Obor setiap Peserta.
3.       Membawa kayu bakar.
4.       Membawa karung tempat sampah.
5.       Membawa tongkat, tali pramuka, semaphore dan alat tulis.
j.         Menyiapkan bumbung Pramuka dan menyiapkan perlengkapan karnaval.

E.    MATERI KEGIATAN
a.       Pawai Obor.
b.       Api Unggun (Pentas Seni)
c.        Upacara Hari Ulang Tahun Pramuka.
d.       Karnaval.
e.        Senam.
f.        Santapan Rohani.
g.        Tekpram
h.       Anjangsana Pembina.
i.         Lomba-lomba :
1.       Da’wah (Pildacil)
2.       Devile (LK PBB)
3.       K3



F.    NAMA, WAKTU DAN TEMPAT.
a.       Kegiatan ini dinamakan Perkemahan HUT Pramuka (Perakamjum) tingkat Penggalang.
b.       Waktu kegiatan dimulai dari :
H a r i     : Rabu s.d  Jum’at
Tanggal : 13 s.d 15 Agustus 2008.
Tempat  : Lapangan Upacara SMAN 21 Garut Jl. Panorama No. 21 Desa Sukamulya Kec. Talegong - Garut 44167

G.    MOTTO KEGIATAN

        “SATYAKU KU DHARMAKAN, DHARMAKU KU BAKTIKA"”.

H.    TEMA KEGIATAN

“REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA”

I.     PESERTA KEGIATAN

a.       Untuk Tingkat SD / MI sederajat 2 (dua) Regu (1 Pa dan 1 Pi). @ 10 Orang.
b.       Untuk Tingkat SMP/MTs  sederajat 2 (dua) Regu (1 Pa dan 1 Pi). @ 10 Orang.
c.        Setiap Regu didampingi 1 Orang Pembina Pendampingnya.
Dari ketiga unsur diatas, diperkirakan :  - Jumlah Peserta                  104 regu x 10 = 1.040 Orang.
                                                                        - Jumlah Pendamping         104 regu x   1 =    104 Orang
                                                                        - Jumlah Panitia                   74           x   1 =      74 Orang..
                                                                                                                        J u m l a h     =  1.218 Orang


 


BAB III

JADWAL KE

 

 

 

BAB IV 

RENCANA BIAYA


A. SUMBER DANA


1. Kas Kwarran Kecamatan Talegong                                                                    : Rp. 3.000.000,-
2. Camat Selaku Mabiran Kecamatan Talegong                                                    : Rp.    800.000,-
3. Ka. UPTD Kecamatan Talegong                                                                       : Rp.    200.000,-
4. Koperasi PGRI Kecamatan Talegong                                                                : Rp.    500.000,-
5. Koperasi UB                                                                                                       : Rp.    300.000,-
6. Pendaftaran Pangkalan :
- SD Se-Kecamatan Talegong ( 5800 siswa x Rp.500,- )                                    : Rp. 2.900.000,-
- MI ( 10 x 2 Rp. 50.000,- )                                                                                    : Rp. 1.000.000,-
- SMP/MTs ( 10 x 2 Rp. 50.000,- )                                                                       : Rp. 1.000.000,-
7. Dinas Intansi :
- PLN Kecamatan Talegong                                                                                : Rp.    100.000,-
- Puskemas Kecamatan Talegong                                                                       : Rp.    100.000,-
- TELKOM Kecamatan Talegong                                                                      : Rp.    100.000,-
- Polsek Kecamatan Talegong                                                                           : Rp.    100.000,-
- Koramil Kecamatan Talegong                                                                          : Rp.    100.000,-
- KUA Kecamatan Talegong                                                                           : Rp.    100.000,-
- PT. PERTAMINA Tbk, Unit Kecamatan Talegong                                        : Rp.
- PT. INDOSAT Tbk, Unit Kecamatan Talegong                                            : RP.
8. Para Kepala Desa Se-Kecamatan Talegong ( 8 x Rp. 100.000,-      )              : Rp.    800.000,-
9. Sumbangan lain yang tidak mengikat                                                             : Rp.
JUMLAH PEMASUKAN                                                                                     : Rp. 11.100.000,-
Terbilang  : Sebelas Juta Seratus Ribu Rupiah.

B.    PENGELUARAN

1.       Kesekretariatan                                                   : Rp. 2.400.000,-
2.       Kegiatan                                                                : Rp. 1.700.000,-
3.       Humas                                                                   : Rp.    500.000,-
4.       Kerohanian                                                           : Rp.    200.000,-
5.       Keamanan                                                            : Rp.    400.000,-
6.       Dokumentasi                                                        : Rp.    250.000,-
7.       Konsumsi                                                              : Rp. 2.500.000,-
8.       Olah raga                                                              : Rp.    150.000,-
9.       Upacara                                                                                : Rp.    400.000,-
10.    Peralatan                                                               : Rp. 2.000.000,-
11.    Piala                                                                       : Rp. 1.500.000,-
12.    Kesehatan                                                             : Rp.    300.000,-
13.    Api Unggun                                                           : Rp.    700.000,-
14.    Spanduk                                                                                : Rp.    400.000
15.    Biaya Tak terduga                                              : Rp. 1.500.000,-
JUMLAH PENGELUARAN                                   : Rp. 14.900.000,-
Terbilang : Empat Belas Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah .











BAB  V

PENUTUP


Demikian Proposal ini dibuat sebagai bahan acuan kerja panitia guna suksesnya acara yang dilaksanakan, besar harapan kami atas perhatian, kepedulian kepada panitia, baik berupa moril maupun materil. Atas bantuan dan partisipasi dari semua pihak kami ucapkan terima kasih.

Cabangbungin,   Agustus 2008
PANITIA
PERKEMAHAN HUT PRAMUKA
Kecamatan Talegong
                   K e t u a                                                                                                                                        Sekretaris





Mengetahui :

          Kepala UPTD                                                                                                       Ka. Kwarran
Pendidikan Kecamatan Talegong





Menyetujui :
Camat Talegong



...................................
NIP.                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar